RSS
Container Icon

::. Pan Zhishan dan Zhang Suiyu : Pertemuan Kembali Setelah 70 Tahun Terpisah .::

“Apa yang membuatmu begitu lama?” Ini adalah kalimat pertama Zhang Suiyu yang ia tanyakan kepada suaminya saat mereka bertemu kembali setelah terpisah 70 tahun

Ketika Pan Zhishan terpisah dari istri yang baru dia nikahi di tengah peperangan 70 tahun yang lalu saat dia berusia 24 tahun, dia tidak pernah berhenti berharap bahwa ia akan bertemu dengan istrinya lagi.

Pasangan tersebut menikah ketika Pan bersiap untuk menyerang pasukan Jepang di wilayah tenggara Cina.

Meskipun mereka berdua berasal dari keluarga Tionghoa yang memegang teguh tradisi dan mereka dilarang untuk menikah tanpa persetujuan orangtua mereka, mereka tetap melanjutkan upacara pernikahan mereka karena mereka yakin bahwa mereka mungkin tidak akan bisa bertemu kembali setelah perang terjadi.


Seperti yang dijelaskan oleh Pan, “Kami berdua mengira kami bisa mati kapan pun pada saat itu, jadi kami memaksa untuk merasakan apa itu kegembiraan yang dapat kita ambil dari kehidupan kita.”

Akan tetapi walaupun setelah selamat dari konflik tersebut, mereka terpaksa berpisah. Pan diminta kembali ke rumah orangtuanya di wilayah timur Cina provinsi Zhejiang, tempat pernikahan yang sudah diatur menunggunya.

Namun, Pan dan Zhang tidak pernah lupa untuk bertemu kembali minggu ini, 70 tahun kemudian, di acara Qixi Festival (yang dikenal sebagai Hari Valentine Cina) berkat sebuah kampanye di internet.


Untuk pertanyaan Zhang yang berkata “Apa yang membuatmu begitu lama?”, Pan menjawab, “Aku tahu aku benar-benar telat,” sebelum mereka berpelukan.

Apa yang Pan tidak pernah tahu saat dia pergi perang adalah Zhang tengan mengandung anak laki-lakinya. Pan berkata, “beberapa tahun setelah aku pergi, dia mengirimku sebuah gambar dirinya bersama anak laki-laki kami. Aku terkejut dan selalu menyimpan gambar-gambarnya bersamaku kemanapun aku pergi.”


Pada tahun 2003, akhirnya ia pergi untuk mencari cinta pertamanya dan juga anaknya. Pada awalnya, Pan hampir mati karena keluarga Zhang telah pindah beberapa tahun yang lalu. Namun, sebuah kampanye di internet dari media local akhirnya membawa Pan kembali bersama orang yang Pan kasihi.


Pan yang usianya sudah 94 tahun berkata, “sekarang aku memiliki segalanya yang aku pernah inginkan dalam hidupku. Permintaan terakhir dalam hidupku telah terkabul.”


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: