RSS
Container Icon

::. Hijau, Warna Yang Identik Dengan Surga Dan Seisinya .::



Terdapat banyak perkataan “hijau” di dalam ayat Al-Qur’an yang menjelaskan keadaan penghuni syurga ataupun segala yang ada disekelilingnya, berupa kenikmatan, suasana, kesenangan, dan ketenangan jiwa. Contohnya ialah di dalam surah Al-Rahman:


 مُتَّكِئِينَ عَلَى رَفْرَفٍ خُضْرٍ وَعَبْقَرِيٍّ حِسَانٍ

Artinya: “Penduduk syurga itu (bersenang-senang di dalamnya dengan) berbaring di atas (bantal-bantal dan) cadar-cadar yang hijau warnanya serta permadani-permadani Yang sangat indah”. (QS. Al-Rahman: 76)


عَالِيَهُمْ ثِيَابُ سُنْدُسٍ خُضْرٌ وَإِسْتَبْرَقٌ وَحُلُّوا أَسَاوِرَ مِنْ فِضَّةٍ وَسَقَاهُمْ رَبُّهُمْ شَرَابًا طَهُورًا

Artinya: “Mereka di dalam syurga memakai pakaian hijau yang diperbuat dari sutera halus dan sutera tebal (yang bertekat), serta mereka dihiasi dengan gelang-gelang tangan dari perak; dan mereka diberi minum oleh Tuhan mereka Dengan sejenis minuman (yang lain) yang bersih suci”. (Q.S. Al-Insan: 21)


أُولَئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهِمُ الأنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الأرَائِكِ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا

Artinya: “Mereka itulah yang memperoleh surga 'Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; (dalam surga itu) mereka diberi hiasan dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala, dan tempat istirahat yang indah. (Q.S. Al-Kahfi: 31) 


Salah seorang pakar psikologi, Ardatsham, berkata, “Sesungguhnya pengaruh warna terhadap manusia sangat besar, dan saya pernah melakukan sejumlah penelitian dan menjelaskan bahwa warna berpengaruh terhadap kejiwaan dan semangat kita; merasa panas; atau dingin; atau nyaman; atau bahagia; bahkan sangat berpengaruh terhadap keperibadian seseorang dan berpengaruh terhadap kehidupan.

Sebuah Rumah Sakit pernah mengundang beberapa pakar untuk memberikan saran bagi warna dinding ruang pasien rumah sakit atau warna dinding Rumah Sakit, sehingga bisa membantu dalam mengobati mereka. Rumah Sakit juga meminta saranan untuk warna terbaik untuk pakaian pasien rumah sakit itu. Sejumlah eksperimen sudah membuktikan bahwasanya warna kuning bisa membangkitkan semangat di saraf pusat. Adapun warna ungu bisa membangkitkan ketenangan; serta warna biru, bisa membuat seseorang yang melihatnya merasa dingin. Sebaliknya, warna merah maka seseorang yang melihatnya akan merasa panas atau gersang. Dan para pakar tersebut berkata bahwa warna yang dapat membangkitkan kebahagiaan, gembira, bersemangat hidup ialah warna hijau.


Oleh kerena itu, warna yang cocok untuk ruang pembedahan, pakaian para ahli bedah dan pakaian orang sakit adalah warna hijau. Sebuah pengalaman unik telah terjadi di London, di kawasan Black Fryer yang dikenal dengan “kawasan bunuh diri” karana sering terjadi kejadian bunuh diri di kawasan ini. Lalu diadakan perubahan warna dari warna gelap gurun ke warna hijau metalik. Setelah dilakukan ternyata terjadi penurunan jumlah peristiwa bunuh diri dengan sangat signifikan. Warna hijau juga bisa membuat pandangan mata menjadi nyaman.


Sumber Dari : http://www.evogood.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: