RSS
Container Icon

::. 6 Kejadian Unik Jamaah Haji Indonesia Saat Melaksanakan Ibadah Haji .::

Inilah 6 Peristiwa unik yang ikut mewarnai perjalanan 155.200 jamaah haji Indonesia di Tanah Suci.


Ditahan 15 hari akibat membawa Jimat dan Sarang Tawon

Ahmad Malik Tarsawi dari kloter SUB 3 asal Madura terpaksa harus ditahan selama 15 hari oleh aparat Arab Saudi lantaran kepergok membawa barang-barang terlarang berupa jimat dan obat sarang tawon yang diduga mengandung opium. Dia ditahan saat masuk ke Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada Rabu 10 Agustus 2016 pukul 23.06 WAS dan baru dibebaskan pada 23 Agustus 2016. Belajar dari kasus ini, Menag Lukman Hakim Saifuddin sampai mengeluarkan imbauan khusus. (Baca: Belajar dari Kasus Jamaah Ditahan, Menag Keluarkan Imbauan Khusus)


“Biasa orang Madura bawa jimat, kalau sarang tawon karena orang yang punya maag, biasanya ditempel (untuk meredakan sakit),” ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil.


Bolak balik Indonesia-Arab Saudi 2 kali akibat paspor tertukar


Kisah Sri Astuti (60) mirip cerita-cerita dalam sinetron namun hadir dalam kehidupan nyata. Jamaah haji asal Malang tersebut dideportasi karena paspornya tertukar dengan calon jamaah lain yang belum berangkat. Nah lho, kok bisa? (Baca: Kisah Sri Naik Haji, Bak Sinetron Berjudul 'Paspor yang Tertukar')


Akibat kejadian ini Sri harus dideportasi dan terpaksa pulang kembali ke Indonesia meski sudah sampai Jeddah pada pada 30 Agustus 2016. Setelah diurus kembali paspornya melalui proses super kilat akhirnya Sri bisa diterbangkan kembali ke Arab Saudi pada 2 September 2016. Kisah Sri berakhir bahagia karena bisa sampai tanah suci untuk menunaikan ibadah haji dan berkumpul kembali bersama suaminya, Tugiman. Sri tercatat sebagai jamaah haji pertama yang bolak-balik Indonesia-Arab Saudi dalam waktu dekat dan menempuh perjalanan selama 30 jam demi beribadah haji. Semoga menjadi haji mabrur.


Nenek pakai Sprinkle untuk tempat jemuran, picu banjir di tiga kamar


Tak ada angin dan hujan, namun banjir menerjang tiga kamar di Hotel Holiday Inn, tempat jamaah haji Indonesia menginap di Makkah. Pemicunya seorang nenek di kamar 451 Hotel Holiday Inn di rumah nomor 10 di Aiziyah Syimaliyah, Makkah, membuat jemuran dikaitkan pada sprinkle yang ada di langit-langit kamar. Alhasil, air pun memancar dan banjir dadakan datang, sang nenek pun lari kalang kabut. (Baca: Sprinkle Dibuat Jemuran, Kamar Jamaah Haji Kebanjiran)


Jamaah Haji masuk mesin X-ray


Kekonyolan terjadi di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah. Seorang jamaah haji asal NTT yang tidak disebutkan identitasnya, masuk mesin X–ray karena tak mau lepas dari tas yang dibawanya.


Buang puntung rokok sembarangan berujung Kebakaran


Tindakan yang satu ini tak patut ditiru. Akibat ulah seorang jamaah haji membuang puntung rokok sembarang, jamaah haji pun berhamburan dari pemondokannya di rumah nomor 620 Syisyah, Makkah. Mereka mengira hotel terbakar karena asap tebal masuk ke kamar hotel dari jendela. Usut punya usut asap tersebut berasal dari kebakaran tumpukan sampah di belakang hotel dipicu aksi iseng buang punting rokok sembarangan. Dalam insiden ini tiga mobil pemadam kebakaran Arab Saudi sampai diterjunkan untuk memadamkan api. (Baca: Puntung Rokok Jamaah Haji Indonesia Picu Kebakaran)


Ulah sopir bus bikin jamaah tak miqot di Bir Ali

Sebanyak 42 jamaah haji Kloter 2 Banjarmasin yang sudah sampai di Makkah sejak Sabtu lalu, pada Senin 22 Agustus dikirim kembali ke tempat miqot di Bir Ali, Madinah. Ada sebuah insiden yang membuat mereka tidak berihram di Bir Ali saat perjalanan dari Madinah ke Makkah. Padahal ini menjadi syarat sempurnanya ibadah haji.


Gara-gara kasus ini PPIH Arab Saudi harus bekerja keras untuk mencarikan solusi. Maklum, aturan di Arab Saudi beda dengan di Indonesia. Ada ketentuan jamaah haji yang sudah masuk Makkah tak boleh keluar kota lagi. PPIH Arab Saudi harus menempuh jalur birokrasi panjang untuk mendapatkan izin membawa jamaah keluar Makkah. Itu pun dilakukan setelah tim konsultan bimbingan haji mengkaji masalah ini dan memberikan opsi kepada jamaah haji yang terlanjur masuk Makkah tanpa mengambil miqot di Bir Ali.


Sumber Dari : http://news.okezone.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: