RSS
Container Icon

::. Tunzale Memmedzade : Wanita Azerbaijan Yang Menulis Al Qur'an Menggunakan Tinta Emas .::


Kreativitas seni yang dibuat secara detail dengan tangan patut diapresiasi. Seperti yang dilakukan oleh seniman asal Azerbaijan, Tünzale Memmedzade. Wanita 33 tahun itu berhasil menjadi sorotan setelah menulis ulang kitab suci Al Quran menggunakan tinta emas.


Ya, Memmedzade menggunakan tinta emas dan perak untuk menyelesaikan proyek tersebut. Ayat-ayat Al Quran ditulis di atas kain sutra transparan warna hitam. Ia menghabiskan 50 meter kain sutra untuk menyelesaikannya.

Sementara tinta yang digunakan tidak hanya emas tapi juga silver. Memmedzade menggunakan 1.500 mililiter tinta untuk menulis ulang ayat-ayat Al Quran sampai selesai dengan tangannya sendiri. Ia berhasil menyelesaikannya dalam waktu kurang lebih tiga tahun.

Memmedzade menuturkan bahwa ia menulis ulang ayat-ayat Al Quran dengan mencontoh dari kitab suci umat Islam itu yang dirilis oleh Diyanet, Turkish Presidency of Religious Affairs. Wanita berkulit putih itu pun mencoba mengukirnya di atas kain sutra dengan ukuan 29 x 33 cm per lembarnya.




Memmedzade mengaku sebelum menulis ulang seluruh ayat Al Quran, ia telah melakukan survei lebih dulu. Banyak kitab suci Al Quran yang ditranskrip dengan berbagai material kertas tapi tidak pernah ditulis di atas sutra. Maka dari itu ia termotivasi untuk membuat perbedaan.



Sebelum menyelesaikan proyek yang satu ini, ia juga telah mencari informasi bahwa Memmedzade tidak melanggar hukum agama. Wanita lulusan Marmara University itu pun mengatakan senang bisa menjadi orang pertama yang melakukan proyek tersebut.





Sumber Dari : http://wolipop.detik.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: